Sunday, November 1, 2015

Energi Geotermal, Masa Depan Kita

Lokasi Indonesia yang berada di ring of fire dunia dengan banyaknya gunung api disamping memberikan dampak yang berbahaya juga memberikan anugerah dengan tersedianya energi yang ramah lingkungan yaitu panas bumi yang melimpah di Indonesia meskipun pemanfaatanya sejauh ini masih sangat minim sekali.Tapi Energi panas bumi ini dapat menjadi energi masadepan Indonesia karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan energi yang dihasilkan dari Bahan Bakar Minyak (BBM)

Energi Panas Bumi (Geothermal)
Proses terbentuknya energi panas bumi(geothermal) dipicu oleh aktivitas tektonik di dalam perut bumi. Inti bumi memiliki magma yang temperaturnya mencapai 5.400 derajat celcius. Magma ini membuat lapisan bumi di lapisan atasnya mengalami peningkatan temperatur. Ketika lapisan ini bersentuhan dengan air maka akan menjadi uap panas bertekanan tinggi. Inilah energi potensial yang kemudian dikenal sebagai energi panas bumi atau geothermal energy.


Potensi Energi Panas Bumi Indonesia
Potensi energi panas bumi di Indonesia menurut laporan Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) pada tahun 2013, mencapai  40%  dari potensi panas bumi dunia.  Titik-titik Sumber energi panas bumi di Indonesaia tersebar di lebih dari 251 lokasi diantaranya Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, hingga ujung barat Papua dan menurut Kementerian ESDM (2013) diperkirakan kapasitas seluruh cadangan dan sumber daya energi panas bumi di Indonesia mencapai 28.994 MW (Megawatt). Jumlah energi tersebut, jika menggunakan BBM, setara lebih dari 200 milyar barrel minyak. 

Namun sayangnya, besarnya cadangan panas bumi di Indonesia tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal dengan hanya baru dimanfaatkan 5% saja dan Indonesia hingga kini masih saja bergantung dengan sumber energi dari fosil yang keberadaanya makin tahun makin menyusut serta tidak pada ramah lingkungan

Pembangkit-pembnagkit listrik Tenaga panas bumi yang telah beroperasi di negara kita antra lain adalah PLTP Sibayak di Sumatera Utara, PLTP Salak (Jawa Barat), PLTP Dieng (Jawa Tengah), dan PLTP Lahendong (Sulawesi Utara).

Kelebihan
Energi panas bumi merupakan salah satu energi alternatif yang memilik banyak kelebihan diantaranya adalah pertama, panas bumi merupakan salah satu sumber energi terbersih. Kedua, merupakan jenis energi terbarukan yang relatif tidak akan habis. Ketiga, ramah lingkungan yang tidak menimbulkan pencemaran bagi lingkungan . Keempat, dibandingkan dengan energi alternatif lainnya seperti tenaga surya dan angin, ketersediaan sumber energi ini bersifat konstan sepanjang musim.

Hambatan
Hambatan yang paling besar mengapa panasbumi tidak berkembang selama ini adalah dua hal penting, pertama soal regulasi undang-undangnya, dimana dalam undang-undang yang lama tentang panas bumi, panasbumi disebut sebagai pertambangan dan pertambangan itu dilarang didalam hutan, sedangkan panasbumi itu semuanya didaerah hutan karena itulah pemanfaatan panas bumi terhambat 
Kedua adalah masalah harga, selama ini harga panas bumi itu terlalu murah padahal menurut untuk melakukan pengeboran beresiko sehingga tidak masuk hitungan.

Energi Geotermal, Masa Depan Kita
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.