Monday, November 2, 2015

Mengenal Kawasan Balkan


Balkan
Istilah kawasan Balkan lebih luas lagi ialah suatu penggambaran kawasan yang terletak di Eropa bagian tenggara yang didominasi pegunungan- pegunungan serta memiliki kesamaan latar belakang historis, dimana sejarah masa lalu daerah ini  didominasi oleh peperangan dan konflik berlatar belakang perebutan kekuasaan, agama dan etnis, yang telah dimulai semenjak Kekaisaran Romawi sampai yang terakhir Perang Yugoslavia tahun 1992. Penamaan daerah ini diamabil dari nama pegunungan Balkan yang melintasi tengah Bulgaria hingga menuju Serbia timur.

Konflik dan peperangan yang sering terjadi di Balkan yang disebabkan persaingan entitas politik yang ada membuat masyarakat internasional mengkonotasikan Balkan bermakna negatif sebagai kawasan yang penuh dengan kekerasan, konflik antar agama, etnis serta daerah pedalaman yang teringgal


Eropa Bagian Tenggara
Karena Image (konotasi) negatif istilah "Balkan" tersebut, banyak orang lebih memilih menyebut Balkan sebagai kawasan Eropa Tenggara. Secara lambat laun penggunaan istilah ini berkembang, atas inisiatif Uni Eropa (UE) yang dimulai sejak tahun 1999 melalui Pakta Stabilitas untuk Eropa Tenggara, dan koran online Balkan Times pun juga turut serta mengganti namanya dengan nama baru ”Southeast European Times” pada 2003.

Meskipun sebenarnya penggunaan istilah Eropa Tenggara hanya untuk menyebutkan kawasan semenanjung Balkan  secara teknis mengabaikan kehadiran geografis Rumaniadan Ukraina bagian barat, yang juga terletak di bagian tenggara benua Eropa.

Wilayah Balkan 
Perbatasan utara semenanjung Balkan umumnya dianggap menjadi garis yang dibentuk sungai Donau, Sava dan Kupa dan segmen yang menghubungkan Kupa dengan Teluk Kvarner. Namun yang paling umum perbatasan sebelah utara Balkan digambarkan adalah daerah  Danube-Sava-Kupa, Karena secara historis dapat dibenarkan sebab daerah yang disebut (bersama dengan Rumania dan meniadakan Montenegro, Dalmatia, dan Kepulauan Ionia) kebanyakan merupakan kebanyakan wilayah Eropa yang dahulu pernah dikuasai  Khilafah Turki Utsmani dari akhir abad ke-15 -19. Kupa membentuk perbatasan alam antara Slovenia dan Kroasia bagian tenggara, Sava membagi 2 Kroasia dan Serbia dan Donau, yang merupakan sungai terbesar kedua di Eropa (setelah Volga), membentuk perbatasan alam antara Bulgaria, Serbia dan Rumania. Di utara jalur itu terbentang dataran Pannonia dan (dalam hal Rumania) Pegunungan Karpathia.

Meskipun secara geografis Rumania (kecuaali Dobrudja) bukanlah bagian Balkan, namun dilihat dari sisi budaya secara konvensional termasuk sebagai 'negara pengganti' Khilafah Turki Utsmani kuno. budaya Rumania termasuk kawasan ini karena Rumania banyak memuat unsur budaya dan bahasa balkan dalam kebudayaanya .

Menurut perbatasan yang biasa digunakan, Slovenia terbentang ke utara Balkan dan dianggap bagian merupakan bagian dari Eropa Tengah.  Namun dipandang dari sisi secara historis dan budaya,  Slovenia merupakan bagian Balkan hal ini tak lepas dari sisi historis negara ini sebagai mantan negara bagaian federasi Yugoslavia. Karena pada saat Balkan dideskripsikan sebagai daerah geopolitik abad ke-20, seluruh Yugoslavia termasuk didalamnya  (maka, Slovenia, Istria, Kepulauan Dalmatia, bagian utara Kroasia dan Vojvodina termasuk juga).

Pembenaran sejarah tersebut untuk perbatasan utara Sava-Kupa biasa menghalangi termasuk Kroasia. Sebab seperti Slovenia meskipun secara geografis lebih dekat masuk eropa Tengah namun dari sisi historis dan budaya mereka masih terikat pada Balkan karena mantan dari Negara bagian Yugoslavia
Negara –negara yang umunya dianggap bagian kawasan Balkan antara lain,
Albania
Bulgaria
Bosnia dan Herzegovina
Kroasia
Republik Makedonia
Montenegro
Serbia
Slovenia
Turki, (namun hanya bagian wilayah Turki yang ada di Eropa darinya termasuk Istanbul 
Yunani


Mengenal Kawasan Balkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.