Friday, October 30, 2015

Balon Google, Harapan Baru Akses Internet Daerah Terpencil

Pada pekan keempat Oktober Tahun 2015 ini pemerintah Indonesia sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika serikat, salah satu agendanya adalah meminta bantuan  penerapan Balon Google untuk Indonesia bagian timur bagian barat agar memiliki akses internet yang jauh lebih baik lagi seperti Indonesia bagian Tengah dan bagian barat, Lalu pertanyaanya apa itu Balon Google dan bagaimana kerjanya sebuah balon raksasa dapat membuat akses internet menjadi lancar 

Balon Google
Balon udara raksasa Google sejatinya bernama bernama Project Loon yang bertugas menyebarkan Internet di daerah-daerah terpencil yang secara geografis sulit dijangkau oleh menara-menara Seluler Konvensional dengan diterbangkan ke angkasa .

Bagaimana Cara Kerjanya
Baloin google ini akan diterbangkan pada ketinggian dua kali lipat dari ketinggian normal pesawat komersil berjalan. Lebih tepatnya pada ketinggian 20 kilometer di atas permukaan Bumi di lapisan stratosfer.

Mengapa stratosfer?  Pada lapisan atmosfer ini angin sifatnya berlapis-lapis, di mana tiap lapisannya memiliki variasi kecepatan dan arah. Nah, dengan bergerak bersama angin, balon Loon dirancang agar bisa membentuk satu jaringan komunikasi yang besar.

Tiap balon akan memancarkan koneksi internet 4G LTE ke permukaan dengan jangkauan 40 kilometer dari tempat balon tersebut berada. Balon itu akan mengantar teknologi Long Term Evolution (LTE) dari perusahaan telekomunikasi yang telah bermitra dengan Google Project Loon.


Google dan para operator mitranya akan berbagi spektrum seluler agar masyarakat bisa mengakses internet melalui perangkat ponsel pintar dan perangkat yang sudah mendukung teknologi LTE. Balon Loon menggilirkan trafik nirkabel dari perangkat mobile kembali ke internet global menggunakan link berkecepatan tinggi.


Yang jelas, jika satu balon sudah mulai terbang ke luar jalur, maka balon Loon lainnya akan bergerak menggantikan posisinya. 


Proyek ini diharapkan dapat membantu operator lokal untuk memperluas jangkauan jaringan mereka yang sudah ada dan koneksi Internet yang bisa betul-betul mencapai area terpencil
Balon Google, Harapan Baru Akses Internet Daerah Terpencil
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.