Thursday, December 17, 2015

Fidel Castro, Pemimpin Sosialis Kuba

Jika kita membicarakan Kuba, maka kurang lengkap kita tak membicarakan Sang Pemimpin Kuba Fidel Castro, meski sejak 2008 dia telah menyerahkan tampuk kekuasaanya pada adiknya Raul Castro namun ketokohanya dan cerita kepahlawananya bagi rakyat Kuba tak akan pernah mudah hilang

Kemunculan serta kemenanganya menghadapi Diktator Batista seperti sebuah dogeng antara David melawan Goliath. Kepiawaianya mengambil hati rakyat dan kerja kerasnya lah yang membuatnya yang semula hanya memimpin sekelompok pasukan berjumlah puluhan bisa menakhhlukan Kuba dan membuat rezim Sosialis di Kuba.

Fidel Castro atau bernama lengkap Fidel Alejandro Castro Ruz, Fidel Castro lahir di Mayari di Provinsi Oriente, Kuba pada 13 Agustus 1926. Dia bersekolah di Santiago de Cuba dan Havana serta pernah bersekolah di Celagio de Belen, sebuah asrama jesuit. Pada tahun 1945, Castro mendaftar di Universitas Havana untuk belajar hukum. Pada masa kanak-kanak, Fidel Castro telah menunjukkan minat pengetahuan dan ilmu tentang sejarah dan militer Kuba. Ini dibuktikan ketika saat masa Fidel Castro menjadi seorang mahasiswa, ia sudah terlibat dengan kelompok – kelompok revolusioner. Setelah menyelesaikan masa kuliah, ia mengabdikan diri ke masyarakat dengan memberikan pelayanan ke orang miskin yang membutuhkan.

Tahun 1947, Fidel Castro ikut ambil bagian dalam gerakan penggulingan kediktaktoran Republik Dominika yang dikuasai oleh Rafael Trujillo, kemudian ia lari ke New York setelah mendengar adanya kabar akan adanya ancaman akan pembunuhan oleh lawan politiknya terhadap dirinya. Tahun 1950, Fidel Castro mendapatkan gelar doktor hukum. Pada tahun 1952, Setelah mendapatkan gelar tersebut Fidel Castro ikut menjadi bagian dan menjadi pemimpin gerakan anti pemerintahan atas kudeta yang dilakukan oleh Fulgeinco Batista. Tahun 1953, Fidel Castro memimpin serangan ke camp barak militer Mencada Santiago de Cuba, tetapi serangan yang dilakukan oleh seorang Fidel Castro ini dikatakan gagal. Oleh karena serangan itu menimbulkan korban 69 orang dari 111 orang yang ikut menyerang. Fidel Castro sendiri mendapat hukuman penjara selama 15 tahun.

Tanggal 15 Mei 1955, tanggal dan tahun ini adalah hari pembebasan dan hari pengampunan untuk pemimpin penyerang camp barak militer yaitu seorang Fidel Alejandro Castro Ruz atau yang dikenal Fidel Castro. Setelah ia dibebaskan dan diampuni, Fidel Castro langsung melakukan upaya penggulingan pemimpin diktaktor saat itu yaitu diktaktor Batista. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1955. Gerakan ini dikenal dengan nama gerakan 26 Juli. Pada 7 Juli 1955, Fidel Castro melarikan diri ke ke negara tetangga yaitu negara Meksiko. Fidel Castro yang melarikan diri ke daerah Meksiko ini bertemu dengan tokoh pejuang revolusioner Che Guevera .

Che Guvera sendiri berasal dari negara Amerika Latin yang kita ketahui negara Argentina. Pada saat pertemuan yang pertama ini, Che Guevera kagum akan rasa revolusi yang ada pada diri Fidel Castro dan adik Fidel Castro yaitu Raul Castro. Ia kembali ke daerah aslinya Kuba pada tanggal 2 Desember 1956 dan melakukan perang dengan taktik bergerilya di Pegunungan Sierra Maestra. Pada peristiwa ini, Fidel Castro dan pasukannya berhasil mendapatkan kemenangan. Keberhasilan perjuang ini tidak lepas dari dukungan masyarakat sekitar, rakyat mendukung perlawanan ini karena mereka tidak puas dengan kepemimpinan kediktaktoran dari diktaktor Batista. Dukungan yang diberikan masyarakat Kuba bukan hanya dengan perkataan saja tetapi mereka ikut bergabung dengan pasukan Fidel Castro, sehingga pasukan pemberontak ini memperoleh kemenangan dengan pasukan yang besar. Akhir tahun 1957, Castro bersaudara menemukan markas tetap di La Plata, wartawan dari berbagai negara termasuk wartawan Amerika Serikat mengunjungi para pemberontak dan menawarkan dukungan buat mereka.

Pada tanggal 8 Januari 1959, Fidel Castro berhasil mencapai Kuba dan menyempurnakan Revolusi Kuba yang diproklamirkan oleh Fidel Castro sendiri dan pasukannya. Pengaruh Fidel Castro tidak hanya dalam perjuangan yang hanya ada di dalam negerinya, tetapi perjuangan Fidel Castro juga ada di luar negeri, Fidel Castro melihat bahwa di dunia hanya ada Amerika Serikat dan Uni Soviet. Fidel Castro mulai menggalakkan kekuatan untuk mematahkan dominasi dari Amerika Serikat dan Uni Soviet. Setelah peristiwa Proklamasi Revolusi yang dilakukan Fidel Castro, ia langsung mendapat jabatan sebagai Presiden Dewan Negara dan Dewan Menteri. Fidel Castro sendiri menjalin hubungan diplomatik yang sangat baik dengan negara Uni Soviet karena pada waktu itu dominasi dunia ada diantara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Maka dari itu, ia menjalin hubungan dengan kedua negara tersebut. Tetapi negara Amerika Serikat menolak kerjasama yang diajukan oleh Fidel Castro. Ia kemudian mencanangkan program nasionalisasi sumber daya Kuba, membentuk Negara Sosialis Satu Partai dan memenjarakan orang- orang yang dianggapnya sebagai musuh dan menghalang –halangi cita- cita sosialisme Kuba Program Nasionalisasi dan sosialisme yang dijalankan oleh Fidel Castro ternya mendapatkan tentangan keras dari negara Amerika Serikat karena banyak perusahaan asal Amerika Serikat yang dinasionalisasi tanpa persetujuan antara kedua belah pihak, yaitu antara Kuba dan Amerika Serikat. Pada bulan April Tahun 1961, Amerika Serikat mendukung gerakan kudeta untuk menggulingkan Fidel Castro, yang dikenal dengan sebutan “Invasi Teluk Babi “. Tetapi walaupun sokongan telah diberikan ternyata hasil yang diharapkan tidak sesuai yang diharapkan, karena gerakan tersebut dapat ditumpas oleh Kuba. Fidel Castro akhirnya mengetahui siapa dalang yang menjadi penggagas gerakan tersebut. Oleh karena itu, setelah gerakan yang dibuat Amerika Serikat gagal, itu menjadi batu lompatan sang revolusioner untuk tumbuh menjadi Marxisme.

Kedudukan Fidel Castro makin terbuka buat bersekutu dengan negara Uni Soviet. Tahun 1962 dengan mengatasnamakan kerjasama dengan Kuba, Uni Soviet menempatkan hulu ledak nuklir yang diarahkan ke negara Amerika Serikat, dengan pangkalanya di Kuba yang membuat hubungan antara Amerika Serikat dan Kuba yang dibantu Uni Soviet makin tegang dan memanas dan sewaku-waktu bisa meletus Perang besar antara tiga negara tersebut. Akhirnya untuk meredakan ketegangan melalui perundingan yang alot untuk mendapatkan kata sepakat, Presiden Amerika Serikat saat itu John F. Kennedy bertemu dengan Pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev. Karena peristiwa inilah membuat Amerika Serikat membenci Kuba, kebencian ini karena dendam terhadap Kuba dan Pemimpin Kuba yaitu Fidel Castro. Dibawah pemerintahan Sang Revolusioner Fidel Castro, Kuba dikatakan perkembangannya sangat maju dibanding kawasan negara daerah Amerika Tengah. Kalau boleh dikatakan bahwa pemerintahan Kuba pada saat itu stabil.

Patria O Muerte! Tanah Air atau Mati! Pekik itu yang kerap dikumandangkan oleh Fidel Castro dalam setiap pidatonya yang panjang dan menggelora. Hidupnya seperti hendak ia berikan seluruhnya untuk tanah air yang begitu ia banggakan:Kuba. Jika ada pemimpin sebuah Negara yang berkali – kali mengalami percobaan pembunuhan dan lebih dari empat dekade menjadi musuh bagi negara lain, tentunya pemimpin itu adalah pemimpin yang menarik. Awal kiprah Fidel Castro di dunia politik bermula dari perlawanannya kepada rezim diktator Fulgencio Batista. Ia dan beberapa orang kawan seperjuangannya bergerilya dari pegunungan Sierra Maestra dan mendapatkan simpati dari rakyat Kuba. Itu bukan perjuangan yang mulus – mulus saja, membutuhkan beberapa tahun bagi Fidel Castro sampai ia benar- benar berhasil menggulingkan Fulgencio Batista. Selama memerintah, Fidel Castro dikenal sebagai pemimpin yang diktator. ia dikenal sebagai figur pemimpin yang tegas, keras, bahkan angkuh. Jules Archer mendefinisikan diktator sebagai seorang penguasa yang mencari dan mendapatkan kekuasaan mutlak pemerintahan tanpa (biasanya) memperhatikan keinginan – keinginan nyata rakyatnya. Kekuasaan mutlak itu dapat diperolehnya baik dengan jalan sah (misalnya lewat pemilihan umum) ataupun tidak sah (misalnya kudeta). Dalam hal ini Fidel Castro mendapatkan tampuk kekuasaannya melalui jalan yang tidak sah yaitu seperti yang disebutkan di atas bahwa ia "mengkudeta" pemimpin Kuba sebelumnya yaitu Fulgencio Batista. Popularitas adalah hal penting bagi seorang diktator. Menjadi sangat wajar bagi seorang diktator untuk meneriakkan perang pada negara lain atau mempengaruhi rakyat agar menentang kekuasaan dunia. Hal ini terlihat jelas sesaat setelah merebut kekuasaan, Castro mulai mendirikan sistem intelijen dan keamanan yang amat ketat. Sebagai menteri pertahanan, adik Castro mendirikan kembali pengadilan militer, organisasi keamanan seksi pertama disebut Keamanan Negara (DGCI), dijuluki Gestapo merah. Tugasnya adalah meresap dan menghancurkan kelompok anti Castro, membasmi dengan kejam gerakan gerilya Escambrat, mengendalikan kamp kerja paksa dan penjara, juga ada bagian khusus mengawasi seluruh pejabat pemerintah. Seksi ketiga bertanggung jawab atas pengawasan terhadap semua anasir kebudayaan, olahraga, kesenian, pengarang dan  bioskop. Seksi keenam bertanggung jawab atas penyadapan telepon, seluruh personelnya mencapai 1.000 orang, memiliki kekuasaan istimewa yang amat besar. Seksi ketiga DSMI departemen dalam negeri untuk mengawasi agama dan merembes kedalam organisasi keagamaan .

Pertumbuhan ekonomi pada masa kepemimpinan Fidel Castro, pertumbuhan ekonomi sekitar 5-7%. Pertumbuhan ini di tengah kondisi negara benua Amerika yang tengah terseok-seok. Pendidikan pada masa Kuba, dimana setiap akan dimulai sebuah pelajaran baik di tingkat dasar, tengah, dan atas. Para murid selalu menyanyikan Hymne yang berhubungan dengan Revolusi Kuba itu sendiri maupun tokoh latin Che Guevera, yaitu 'Pionores Pol El Communismo. Seremos Como El Che'. Bagi masyarakat Kuba, terutama bagi kaum muda dan anak-anak, Hymne itu menjadi sebuah pedoman atau sebuah kata-kata penyemangat untuk menjadi manusia yang dikatakan sehebat Che Guevera dan Bapak Revolusi Kuba, Fidel Castro.

Di dalam bidang pendidikan Kuba, tahun 2000 Kuba membuka program'University Of All'. Dimana setiap kalangan baik perempuan maupun laki-laki Rakyat Kuba berhak mempeoleh pendidkan sampai ke perguruan tinggi. Hal ini karena Kuba ingin menjadi 'Nations Becomes A University'. Salah satu keunikan dari yang dikemukakan oleh pendidikan Pemerintah Kuba, dimana mereka rakyat Kuba diberikan tayangan televisi pendidikan yang didalamnya diberikan oleh para Profesor. Pemerintah memberikan waktu tayang sebanyak 394 jam siar untuk program pendidikan setiap minggunya, itu memungkinkan sekitar 63% dari total waktu siaran televisi.

Fidel castro pernah menyampaikan pidato dimana disetiap menyebut nama Amerika Serikat, ia selalu memukulkan mikrofon setiap menyebut "The United States . . . Plak". Castro sangat menjunjung yang namanya ideologi dan prinsip, dalam hal ini ia tidak peduli dengan namanya Hak Asasi Manusia, hal ini dibuktikan dengan penolakan terhadap Organisasi Amnesty Internasional. Tetapi kini, Fidel Castro yang dituduh sebagai Diktaktor oleh Pemerintah Amerika Serikat telah meletakkan jabatannya sebagai Pemimpin Kuba .


Pada 24 Februari 2008, Fidel Castro menyerahkan tampuk kekuasaan kepada adiknya Raul Castro. Walaupun terjadi pergantian kekuasaan di Kuba, tetapi Fidel Castro tetaplah Fidel Castro. Sebagaimana yang disampaikan Raul Castro saat dilantik. Fidel Castro adalah Diktaktor bagi Amerika Serikat, Fidel Castro adalah Pemimpin Rakyat Kuba, dan Fidel Castro adalah Revolusioner bagi negaranya, Kuba .


Fidel Castro, Pemimpin Sosialis Kuba
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.