Tentu
kita pernah membaca atau menonton berita tentang kecelakaan di perlintasan
kereta api yang disebabkan oleh pengendara motor atau mobil yang tidak sabar
menunggu kereta melintas, lalu menerobos palang perlintasan kereta api dan
kemudian ketika sampai di tengah-tengah rel kereta api mesin kendaraan mereka
mendadak mati tanpa sebab, dan jika pengendara tak segera menyingkir dari
kendaraanya maka kecelakaan yang tidak diinginkan terjadi.
Untuk
mengetahui, penyebab matinya mesin kendaraan bermotor mati ketika melintas di
atas rel kereta api yang kereta apinya sedang melaju melalui jalur kereta
tersebut, maka pada kesempatan kali ini Referesiana akan coba membahasnya pada
artikel kali ini .
Dilokomotif
kereta terdapat boggie (roda kereta) yang dimana komponen utamanya adalah
dinamo, dan di dalam dinamo tersebut terdapat unsur magnet yg cukup besar. Jika
lokomotif berbentuk seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo
besar), hal ini akan mempengaruhi rel kereta yang terbuat dari baja, karena
dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 Kilometer dari lokomotif.
Kenudian
saat kendaraan bermotor melintasi rel Kereta Api biasanya akan menggunakan
kecepatan rendah, dan apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yg lebih
rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat
seketika mati akibat faktor medan magnit boggie Kereta Ai yg di hantarkan oleh
rel kereta. Oleh karen itu petugas penjaga perlintasan selalu menutup pintu
perlintasan sebelum Kereta Api mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Kilometer)
karena bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel Kereta Api yang
berjarak kurang dr 1 Kilometer akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yang
sudah lemah dapat mati. Bila
hal ini terjadi segera keluar dr mobil anda, krn mesin mobil akan susah utk di
stater kembali.
Maka
di sarankan bagi sobat referensiana semua, agar jangan melintasi rel Kereta Api
bila sudah terlihat “moncong” Kereta Api walaupun masih berjarak 1 Kilometer dari
pintu perlintasan, demi keselamatan anda semua. Hal ini disebabkan karena
Kereta Api tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga
tidak ada friksi, dan perlu diketahui rata-rata Kereta Api akan berhenti sejauh
800 meter setelah di rem
Mengapa Mesin Kendaraan Bermotor Mati Saat Menerobos Palang Rel Kereta Api ?
4/
5
Oleh
Unknown