Wednesday, February 10, 2016

4 Hal yang HarusKita Ketahui dari Bahaya Zika Virus


Dalam artikel berikut ini kita akan membahas tentang 4 Fakta mengenai Virus Zika yang perlu diketahui para pembaca, agar lebih waspada menghadapi virus ini. Apalagi perantara dari virus ini adalah jenis nyamuk yang sudah umum dikenal masyarakat Indonesia, yakni Aedes aegypti. Nyamuk ini sudah terkenal sebagai penyebar penyakit demam berdarah, chikungunya, dan penyakit kuning. Dan dari sisi gejala, penderita penyakit ini memiliki banyak kemiripan dengan penyakit demam berdarah.

  • Secara umum penyakit ini dapat disembuhkan sendiri oleh kekebalan tubuh.
Dalam beberapa ulasan yang berhasil kami rangkum mengenai bahaya Zika Virus, selalu ditemukan pandangan bahwa penyakit ini sebenarnya tidak sama berbahayanya dengan penyakit demam berdarah. Dari segi gejala saja, keluhan yang muncul tidak seburuk penyakit demam berdarah.

Namun keluhan linu dan sakit pada sendi penyakit Zika kadang bisa sama menyiksanya dengan penyakit chikungunya ringan. Sebagai catatan, chikungunya sendiri juga tidak dikategorikan sebagai penyaki berbahaya dan mematikan.
Gejala lain dari Zika adalah rasa gatal perih ringan pada ruam yang muncul di permukaan kulit. Akan sangat menyiksa bila rasa perih dan gatal ini mulai menyerang area vital dan basah seperti mata.
Namun sebagaimana dijelaskan dalam laman resmi Depkes RI, bahwa penyakit Zika Virus ini belum ditemukan vaksin maupun obat antivirusnya. Untuk mengatasi keluhan ini, dokter mungkin akan membantu meringankannya dengan resep obat analgesik ringan semacam parasetamol.
Dan untuk upaya penyembuhan, pasien akan dianjurkan minum lebih banyak air, memperbanyak asupan mineral macam ZinkDescription: https://www.deherba.com/components/com_jvcl/assets/images/signal.gifFosforDescription: https://www.deherba.com/components/com_jvcl/assets/images/signal.gif, dan beberapa vitamin seperti A, C, dan B untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh inilah yang akan bekerja melawan virus hingga penyakit berhasil disingkirkan.
Bicara soal meningkatkan kekebalan tubuh, ada rekomendasi herbal yang ampuh yaitu Noni JuiceDescription: https://www.deherba.com/components/com_jvcl/assets/images/signal.gifNoni JuiceDescription: https://www.deherba.com/components/com_jvcl/assets/images/signal.gif mengandung zat yang kaya polisakarida yang telah terbukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara kerjanya ialah dengan meningkatkan aktivitas sel-sel darah putihDescription: https://www.deherba.com/components/com_jvcl/assets/images/signal.gif untuk menyerang infeksi virus. Dengan meminumnya setiap hari, kekebalan tubuh Anda dioptimalkan untuk melawan berbagai serangan infeksi, termasuk infeksi Zika Virus.

  • Penyakit ini bisa cukup berat bila menyerang lansia
Karena pada beberapa gejala tampaknya penyakit ini memiliki cara kerja dengan menyerang persendian maka bila penyakit ini menyerang lansia, maka keluhan yang muncul bisa menjadi lebih berat.
Ini berdasarkan fakta yang berhasil dihimpun oleh National Geographic dengan melihat dari kasus-kasus yang berhasil dikumpulkan di kawasan Afrika dalam 10 tahun terakhir bahwa mereka yang sebelumnya sudah memilki keluhan dengan persendian bisa mengalami proses penyembuhan yang lebih lama. Beberapa bisa mengeluhkan kondisi kerusakan sendi ringan yang membutuhkan perawatan ekstra.

  • Komplikasi Guillane Bare
Karena Zika virus juga menyerang sistem otot, persendian, dan saraf, maka beberapa pakar melihat adanya potensi infeksi Zika Virus untuk berkembang menjadi komplikasi Guiralle Bare. Guiralle Bare adalah sejenis penyakit yang muncul karena efek autoimun sehingga terjadi kerusakan jaringan saraf tubuh. Berawal dari keluhan kaki atau tangan yang melemas sampai akhirnya dinyatakan lumpuh permanen.
Kaitan antara kasus Zika dengan Guillane Bare masih dalam penelitian lebih lanjut meski beberapa kasus di lapangan menunjukan adanya potensi. Biasanya ini terjadi pada kasus Zika yang berat dan terjadi pada lansia.

  • Efek serius terhadap wanita hamil
Menurut laman resmi Depkes RI dikatakan bahaya terbesar dari serangan Zika Virus justru muncul pada ibu hamil, karena ibu hamil yang positif memiliki virus tersebut kemungkinan bisa menularkan virus tersebut pada janin dalam kandungannya. Dan Zika Virus akan menyerang jaringan otot dan sistem saraf termasuk sistem saraf pusat di otak dari janin.
Menurut laman itu juga dikatakan hubungan infeksi virus Zika pada ibu hamil dengan kejadian cacat mikrosefalusDescription: https://www.deherba.com/components/com_jvcl/assets/images/signal.gif (ukuran otak yang kecil) pada bayi yang dilahirkan belum terbukti secara ilmiah, namun bukti ke arah itu semakin kuat.
Dalam temuan di Brazil yang diketahui sebagai salah satu kota di Amerika Latin dengan kasus Zika Virus yang tinggi pada tahun 2015, terjadi peningkatan signifikan kasus bayi yang lahir dengan cacat mikrosefalusDescription: https://www.deherba.com/components/com_jvcl/assets/images/signal.gif.
Berdasarkan data pada tahun 2015, di Brazil secara keseluruhan ditemukan kasus Zika hingga ribuan temuan dengan 500 lebih kasus diderita oleh ibu hamil pada bulan desember lalu. Dan dari angka tersebut ditemukan 150 kasus ibu hamil yang akhirnya melahirkan bayi dengan mikrosefalus. Menurut pemberitaan CNN secara total diperkirakan ada peningkatan bayi dengan mikrosefalus hingga 4000-an kasus sepanjang tahun 2015 hingga januari 2016 ini.


4 Hal yang HarusKita Ketahui dari Bahaya Zika Virus
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.