Thursday, February 4, 2016

Letak Geologis Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah gunung api terbanyak di dunia, terutama gunung dengan tipe strato, yang sebagiannya merupakan gunung-gunung yang masih aktif. Banyaknya gunung ini menyebabkan wilayah Indonesia memiliki banyak tanah yang subur serta sehingga Indonesia kaya akan keragaman flora dan fauna. Hal ini tidak lepas dari pengaruh letak geologis Indonesia.

Letak Geologis Indonesia
Letak Geologis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang menyusun wilayah tersebut atau bisa juga dikatakan Letak geologis adalah letak suatu negara dilihat dari keadaan batu-batuan yang terdapat dalam tubuh bumi wilayah tersebut. Lapisan batuan yang ada di Indonesia sangat erat kaitannya dengan sistem pegunungan yang ada di Indonesia. 

Daerah Indonesia bagian barat di lalui oleh deretan Pegunungan Muda Mediterania, yang merupakan bagian dari rangkaian dari Pegunungan Himalaya dengan sifat batuan basa. Sedangkan daerah Indonesia bagian tengah dan timur merupakan deretan Pegunungan Sirkum Pasifik dengan sifat batuannya asam.
Letak geologis Indonesia sebagai berikut:
  • Indonesia dilalui oleh dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.
  • Indonesia terletak pada pertemuan lempeng lithosfer, yaitu lempeng Indo - Australia, lempeng Eurasia,  dan lempeng Pasifik.
  • Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul, dan Daerah laut pertengahan Australia Asiatis.
Indonesia, disamping memiliki tanah dengan tingkat kesuburan yang tinggi karena banyaknya gunung api juga rawan dengan terjadinya baik gempa bumi, letusan gunung api maupun Tsunami yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi maupun benturan antar lempeng tektonik/lithosfer.
Dilihat dari segi jalur pegunungan yang ada, kepulauan Indonesia terletak di antara dua rangkaian pegunungan dunia. Pegunungan di Indonesia bagian barat merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania, yang merupakan rangkaian jalur pegunungan api muda dan masih aktif sedangkan pegunungan Indonesia bagian timur merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik yang merupakan jalur pegunungan api tua sehingga rata-rata kebanyakan gunung-gunung api di daerah timur dan tengah Indonesia gunung apinya sudah tak aktif lagi .
Berdasarkan dari keadaan geologinya Wilayah Indonesia dibedakan dalam 3 Daerah Dangkalan. Dangkalan adalah daratan yang terdapat di dalam laut yang menghubungkan suatu wilayah dengan daratan yang sangat luas (benua). 
  1. Dangkalan Sunda adalah daratan di dalam laut yang menghubungkan wilayah Indonesia bagian barat dengan benua Asia.
  2. Dangkalan Sahul adalah daratan di dalam laut yang menghubungkan Indonesia bagian timur dengan benua Australia.
  3. Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul yang merupakan daratan yang terletak di wilayah tengah Indonesia antara Dangkalan Sunda dan Sahul.

Dangkalan ini mempengaruhi persebaran Flora dan Fauna di Indonesia, dimana Daerah Dangkalan Sunda merupakan wilayah Indonesia bagian barat memiliki kesamaan dengan flora dan Fauna di Benua Asia sedangakan Daerah Dangkalan sahul merupakan wilayah Indonesia bagian barat memiliki kesamaan dengan flora dan Fauna di Benua Australia. Sedangkan Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul merupakan Daerah peralihan peralihan antara Asiatis dan Australia tidak memiliki kesamaan dengan yang ada di Asia dan Australia, karena itu Flora dan Fauna di daerah ini merupakan khas dan asli Indonesia.

Indonesia merupakan daerah pertemuan 3 lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan lempeng Pasific. Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatra, Jawa dan Nusatenggara, sedangkan dengan Pasifik di utara Irian dan Maluku utara. Di sekitar lokasi pertemuan lempeng ini akumulasi energi tabrakan terkumpul sampai suatu titik dimana lapisan bumi tidak lagi sanggup menahan tumpukan energi sehingga lepas berupa gempa bumi, tsunami, dan longsor.

Peristiwa tektonik yang cukup aktif, selain menimbulkan gempa dan tsunami, juga membawa berkah dengan terbentuknya banyak cekungan sedimen (sedimentary basin). Cekungan ini mengakomodasikan sedimen yang selanjutnya menjadi batuan induk maupun batuan reservoir hydrocarbon yang menyimpan kandungan minyak bumi didalamnya

Pengaruh Letak Geologis Bagi Indonesia
Pengaruh letak geologis bagi wilayah Indonesia antara lain adalah sebagai berikut,
  • Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif.
  • Laut di bagian Indonesia barat merupakan laut dangkal sedangkan wilayah perairan Indonesia bagian tengah dan timur merupakan laut dalam
  • Wilayah Indonesia menyimpan banyak barang tambang mineral
  • Wilayah Indoneisa termasuk daerah yang labil karena sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik karena pergeseran lempeng bumi.
  • Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.
  • Tanah Indonesia memiliki kesuburan yang tinggi karena banyak mengandung unsur hara karena merupakan tanah Vulkanik yang berasal dari material gunung berapi.
  • Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi baik flora maupun Faunanya




Letak Geologis Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.