Tuesday, February 16, 2016

Mengapa Makin Tinggi Suatu Tempat Udaranya Makin Dingin ?

Kita mungkin selalu membayangkan bahwa jika suatu makin tinggi suatu maka udaranya makin terasa panas, karena akan makin dekat dengan Matahari tapi kenyataanya malah sebaliknya .

Mengapa Hal itu Bisa terjadi ?
Sama halnya dengan zat –zat lainya.  Udara yang merupakan gas itu juga memiliki berat dan punya kecenderungan untuk menekan udara di bawahnya, sehingga tempat yang memiliki ketinggian rendah memiliki kerapatan molekul udara yang lebih tinggi karena menahan tekanan udara dari daerah atau kawasan yang memiliki ketinggian tinggi. Intinya, molekul udara di dataran rendah menjadi lebih padat, sedangkan di dataran tinggi jadi lebih renggang. Jadi makin tinggi suatu tempat dari permukaan laut, suhu udara akan berubah-ubah.

Lalu apa hubungannya molekul udara dengan suhu yang dingin?
Semua itu berkaitan dengan teori Gerak Brown (Browning Motion). Jadi ternyata molekul gas itu bergerak terus sepanjang waktu, menghasilkan energi kinetis (energi yang diperoleh karena gerakan). Dan seperti yang dijelaskan di atas, di dataran rendah molekulnya lebih padat daripada dataran tinggi.

Perumpamaannya, bayangkan sebuah ruangan dengan 30 orang yang terus bergerak. Pasti suatu saat menimbulkan tabrakan dan gesekan antar orang bukan?

Nah di hukum fisika, gesekan dan tabrakan akan menimbulkan panas. Sekarang apa yang terjadi bila dengan ruangan yang sama kita tambah menjadi 300 orang, lalu 3000 orang. Pasti semakin padat orang yang ada di ruangan tersebut makin banyak gesekan yang terjadi bukan?

Begitu pula dengan molekul gas yang ada di sekitar kita.

Jadi  kesimpulannya adalah : Semakin tinggi suatu tempat, maka tekanan udaranya makin kecil, energi kinetis makin kecil, gesekan antar molekul udara makin berkurang dan suhu juga makin kecil serta begitu pula sebaliknya.


Mengapa Makin Tinggi Suatu Tempat Udaranya Makin Dingin ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.